Minggu, 05 Oktober 2014

TUGAS SOFTSKILL "ORGANISASI PERUSAHAAN "

Nama : Surya Andika
Npm   : 18113703
Kelas  : 2KA19

Tugas : 
- Pengertian dan arti penting organisasi dalam perusahaan
- Bentuk organisasi perusahaan

A. PENGERTIAN ORGANISASI

Organisasi mempunyai 2 arti. Pertama yaitu Organisasi menunjuk pada suatu tipe kolektivitas yang lengkap untuk mencapai suatu tujuan khusus, yang ditandai oleh adanya suatu struktur aturan yang formal, hubungan kewenangan, pembagian kerja, struktur keanggotaan dan pembatasan keanggotaan. Istilah ini terutama menunjuk suatu organisasi berskala besar atau organisasi yang kompleks, yang meliputi semua aspek kehidupan sosial dalam masyarakat modern. 
Dan kedua yaitu Organisasi menunjuk pada suatu aktivitas sosial yang teratur dengan tujuan tertentu dan seragam. Dalam pengertian ini, organisasi memiliki implikasi  pada kemampuan untuk mengontrol hubungan antarmanusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu sehingga menjadi satu kesatuan.

Organisasi di bagi menjadi 2 yaitu:

1.Organisasi formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.

2.Organisasi informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
.
Pada kenyataannya masih terdapat banyak lagi definisi tentang organisasi dari banyak ahli di berbagai bidang. Sutarto dalam bukunya "Dasar-dasar Organisasi" (1981) menemukan perbedaan penekanan dari berbagai definisi tentang organisasi yang dikemukakan oleh para ahli, yaitu definisi tentang organisasi dengan penekanan pada:
1.kumpulan orang
2.proses pembagian kerja
3.sistem kerjasama, sistem hubungan atau sistem sosial.

Ciri-ciri organisasi adalah: 
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas


B.PENGERTIAN ORGANISASI PERUSAHAAN

Organisasi adalah sekelompok orang yang memiliki satu tujuan yang sama, saling menggerakkan dan memiliki sarana untuk mencapai tujuan tersebut dengan adanya suatu koordinasi

Organisasi adalah adanya orang yang usahanya harus dikoordinasikan, tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan dan saling tergantung, bekerjasama atas dasar pembagian kerja, peran, wewenang, tanggung jawab serta memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai.


Ada 10 prinsip dasar mendirikan organisasi perusahaan:
- visi dan misi
- perintah
- rentang kendali
- pendelegasian wewenang
- keseimbangan wewenang dan tanggung jawab
- tanggung jawab
- pembagian kerja
- efisiensi
- kesinambungan
- koordinasi

Tujuan utama organisasi perusahaan adalah:
- bertujuan untuk memberikan kesahteraan masyarakat. lembnaga yang bergerak dalam     pemberian   pelayanan kepentingan umum
- bertujuan untuk mendapatkan keuntungan
- bertujuan untuk memberikan kesahteraan anggota dan karyawan

Bentuk bentuk organisasi perusahaan
- Perusahaan Perseorangan
- Persekutuan Firma
- Perseroan Komanditer (Commanditer Vennootschap / CV)
- Perseroan Terbatas

- Perusahaan Perseorangan
Adalah perusahaan yang dikelola dan diawasi oleh satu orang, dimana pengelola perusahaan memperoleh semua keuntungan perusahaan, tetapi ia juga menanggung semua resiko yang timbul dalam kegiatan perusahaan.
Pendirian perusahaan perseorangan tidak diatur dalam KUHD dan tidak memerlukan perjanjian karena hanya didirikan oleh satu orang pengusaha saja.

- Firma
Adalah bentuk badan usaha yang didirikan oleh beberapa orang dengan menggunakan nama bersama atau satu nama digunakan bersama. Dalam firma semua anggota bertanggung jawab sepenuhnya baik sendiri-sendiri maupun bersama terhadap utang-utang perusahaan kepada pihak lain. Bila perusahaan mengalami kerugian akan ditanggung bersama, kalau perlu dengan seluruh kekayaan pribadi mereka.
- Perseroan Komanditer / CV
Adalah persekutuan yang didirikan oleh beberapa orang (sekutu) yang menyerahkan dan mempercayakan uangnya untuk dipakai dalam persekutuan. Para anggota persekutuan menyerahkan uangnya sebagai modal perseroan dengan jumlah yang tidak perlu sama sebagai tanda keikutsertaan di dalam persekutuan.

- Perseroan Terbatas
suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.


Arti penting organisasi dalam perusahaan
Dari penjelasan organisasi perusahaan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa organisasi dalam perusahaan itu sangat penting dan harus ter kordinir dengan serius, karena kalau tidak ada organisasi atau buruk nya organisasi dalam perusahaan akan berakibat fatal bagi perusahaan itu sendiri dan tidak ada keserasian dibidang manapun.


www.gunadarma.ac.id
www.studentsite.gunadarma.ac.id



DAFTAR PUSTAKA
Solihin, Ismail, 2006, Pengantar Bisnis : Pengenalan Praktis dan Studi Kasus, 2006, Edisi Pertama, Kencana Prenada Media Grup.
-M.Fuad, dkk, 2005, Pengantar Bisnis, Edisi ketiga, Gramedia Pustaka Utama 
-http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/18766/5/Chapter%20I.pdf
-http://id.wikipedia.org/
-http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/ciri-ciri-organisasi.html