Minggu, 05 Juni 2016

Tugas 6 Bahasa Indonesia 2

1. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
                Smartphone di era modern ini sudah menjadi primadona. Sudah bukan merupakan sebuah gaya hidup melainkan smartphone kini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Mereka menggunakan fasilitas dari smartphone untuk berbuhungan dengan kerabat, mencari lokasi, kebutuhan bisnis, gaya hidup, ataupun hanya sekedar foto - foto.
            Banyak sekali varian smartphone yang digunakan, diantaranya Blackberry, Android, Apple iOS, bahkan Windows phone. Dalam hal ini Android masih memiliki tempat pertama di hati para pengguna di tanah air. Hasil riset dari StatCounter website analisa statistik mengenai pengguna mobile selama tahun 2014 ternyata Android merupakan sistem operasi yang mendominasi peredaran smartphone di tanah air dengan pembagian pasar sebesar 59,91 persen (id.techinasia.com).
            Kesehatan adalah hal yang penting bagi masyarakat. Pelayanan Kesehatan merupakan tempat dimana tersedia jasa layanan kesehatan bagi masyarakat. Pelayanan Kesehatan dapat meliputi rumah sakit,klinik,puskesmas, dokter praktek .Kemudahan yang disediakan oleh klinik,puskesmas,dokter praktek dari segi waktu dan harga membuat pilihan tersebut menjadi pilihan pertama oleh masyarakat dibandingakan dengan rumah sakit. Banyak pelayanan kesehatan yang tersebar di Kecamatan Bojongsari,hal tersebut juga harus mempunyai media informasi untuk memberikan informasi lokasi, fasilitas yang tersedia, hingga jadwal dokter untuk memudahkan masyarakat akan informasi tentang pelayanan kesehatan tersebut. Namun belum ada yang menyediakan informasi tersebut dalam bentuk aplikasi mobile, website atau media cetak.
       Maka berdasarkan latar belakang permasalahan diatas penulis berinisiatif untuk membuat aplikasi mobile untuk pencarian informasi pelayanan kesehatan di wilayah Bojongsari dan sekitarnya berbasis android.
1.2. Rumusan dan Batasan Masalah
            Ruang lingkup dalam penulisan ini adalah penulis hanya menampilkan informasi dan lokasi Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Bojongsari dan sekitarnya, serta hanya pengguna smartphone android yang bisa menggunakan nya. Aplikasi ini dibuat menggunakan Intel XDK.

1.3. Tujuan Penelitian
            Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi mobile yang dapat mempermudah masyarakat dalam mencari informasi dan lokasi mengenai segala Pelayanan Kesehatan yang berada di kecamatan bojongsari dan sekitarnya secara lengkap dan jelas.

1.4. Metode Penelitian
Penulisan ilmiah ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan sistem yang dikenal dengan SDLC (System Development Life Cycle)System Development Life Cycle (SDLC) adalah keseluruhan proses dalam membangun sistem melalui beberapa tahapan. Tahap-tahap SDLC dalam pembangunan sistem informasi aplikasi mobile :

1.      Analisis Kebutuhan
Pada tahap analisis kebutuhan disini penulis menganalisa bahwa ruang lingkup Pelayanan Kesehatan yang berada di kecamatan bojongsari di sekitarnya  ini masih minim informasi dalam internet maupun media cetak. Maka dibuat aplikasi mobile berbasis android untuk menjadi sarana media informasi. Perangkat keras yang digunakan penulis pada pembuatan website ini adalah Processor Intel Core i3, RAM 3GB, VGA intel HD. Perangkat lunak yang digunakan penulis adalah Sistem Operasi Windows 10 34-bit.

2.      Perencanaan Sistem
Perencanaan sistem untuk pembuatan aplikasi mobile ini penulis menggunakan aplikasi intel XDK dan juga CorelDRAW X7.

3.      Perancangan Sistem
Pada tahap ini penulis membuat design sistem dan design pemrograman yang diperlukan untuk pengembangan sistem informasi. Design sistem mencakup membuat interface aplikasi, dan dilanjutkan dengan memasukkan button, image, header, text, serta codingan ke dalam aplikasi. Merancang konsep dari aplikasi seperti merancang struktur navigasi untuk mengetahui gambaran dari halaman serta hubungan antar halaman, dan rancangan tampilannya untuk mengetahui gambaran dari tampilan aplikasi. Perancangan aplikasi dan pengembangan program pada pembuatan website ini dengan menggunakan Intel XDK dan CorelDRAW X7.

4.      Implementasi Sistem
Implementasi dan pemeliharaan sistem yaitu menerapkan dan memelihara sistem aplikasi yang sudah dibuat.

5.      Pengujian sistem
Pengujian sistem adalah kegiatan uji coba terhadap sistem aplikasi yang sudah dibuat.

1.5. Bibliografi
1.Hutahaean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepulish
2.Afrian. 2014. Perencanaan Aplikasi Game Asah Otak Tebak Kata Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM). Jurnal Pelita informatika Budi Darma, VVolume : VI, Nomor : 1, maret 2014. ISSN : 2301-9425
3.Sakti, leo Kumoro. 2015. Pengembangan Raharja.ac.id Berbasis Hybrid Mobile Aplikasi Android pada Perguruan Raharja. Skripsi. Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer STMIK Raharja
4.Asrori, lutfi dan Emha Taufiq Luthfi. 2012. Perancangan dan Pembuatan Game Online "Penyelamatan Tawanan Perang" Berbasis HTML5 untuk Penerapan Aplikasi Game Fscebook Menggunakan Engine Construct 2. Jurnal DASI Vol. 13 No. 3, September 2012, ISSN : 1411-3201
5.Ontowiryo, Miranty Yan Aryani. 2012 TARancang Bangun Sistem Informasi Pendapatan pada Klinik Ashara Husada. Undergraduate thesis, STIKOM Surabaya.


0 komentar:

Posting Komentar